Gejala-gejala dan penyebab psoriasis kuku

Autoimun & Genetik, Gejala-gejala dan penyebab psoriasis kuku

Autoimun Kesehatan Kulit Penyakit

Kuku manusia memiliki fungsi untuk melindungi ujung jari manusia yang terdapat beberapa saraf yang sensitif. Saraf-saraf di ujung jari tersebut memiliki bagian yang lunak dengan banyak reseptor rangsangan indera yang sensitif. Fungsi kuku untuk pelindung jaringan lunak tersebut. Struktur kuku yang keras dan kuat mampu melindungi jaringan dan urat saraf di ujung jari. Namun ada penyakit yang menyerang struktur kuku hingga menjadi rusak dan rapuh, salah satu penyakit tersebut adalah psoriasis kuku. Psoriasis menjadi salah satu penyakit yang dapat menyerang kulit dan kuku manusia.

Kelainan genetik autoimun dan penyebab psoriasis kuku

Psoriasis adalah suatu penyakit autoimun yang dapat menyerang kulit. Penyakit autoimun ini terjadi karena masalah faktor genetik dan menyerang semua umur. Umumnya, penyakit ini menyerang kulit. Gejala dari psoriasis tidak menular dan hanya menyerang tubuh pasien saja. Psoriasis dapat menyebabkan kulit kering dan mudah terkelupas, kulit bersisik, penumpukan plak dari sel kulit mati, dan kulit kemerahan seperti iritasi. Gejala prosriais dapat menjadi parah hingga menyebar ke kuku, yang dikenal dengan psoriasis kuku.

Psoriasis kuku dapat menyebabkan perubahan warna kuku, perubahan bentuk kuku, perubahan ketebalan kuku, kuku berlubang / cacat, terdapat serpihan plak di sekitar kuku, dan kuku lepas dari jari tangan atau jari kaki. Psoriasis kuku memiliki struktur kuku yang mudah rapuh dan warna kuku kecoklatan. Kelainan sistem imunitas penyebab psoriasis bisa memperparah kondisi kuku hingga kuku menjadi rusak.

Gejala-gejala psoriasis kuku

Gejala-gejala psoriasis kuku umumnya menyerang struktur kuku hingga terjadi kerusakan pada kuku. Namun gejala-gejala lain dapat mempengaruhi kondisi kuku pasien psoriasis. Gejala-gejala psoriasis kuku, meliputi :

  • perubahan warna kuku pada pasien
  • kuku menjadi rusak dan memiliki kecacatan
  • perubahan ketebalan kuku
  • perubahan bentuk dan ukuran kuku
  • terdapat serpihan seperti plak di permukaan kuku
  • kuku lepas dari jari tangan atau kaki
  • Infeksi pada kuku pada saat kronis

Kuku dengan gejala psoriasis akan berubah warna menjadi kuning atau kecokelatan dan terdapat bintik putih kecil di ujung jari. Selain itu, terdapat lubang-lubang pada kuku. Kuku yang mudah rapuh akan menjadi serpihan berwarna putih. Tekstur kuku dan bentuk kuku juga akan berubah hingga terdapat kecacatan, rusak, dan mudah rapuh. Pada kondisi parah, psoriasis kuku akan menyebabkan kuku terlepas dari jari.

Bagaimana pengobatan untuk psoriasis kuku ?

Pengobatan dan pencegahan Gejala-gejala dan penyebab psoriasis kuku

Untuk pengobatan seharusnya berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat dan sesuai tingkat keparahannya. Setiap pasien memiliki gejala dengan tingkat keparahannya yang berbeda-beda. Penyakit ini sebenarnya sulit disembuhkan karena berasal dari sistem imunitas tubuh itu sendiri. Pada umumnya Pengobatan psoriasis kuku bisa dibilang tidak mudah dan cukup lama untuk pulih dari gejala-gejala, Tetapi ada beberapa jenis pengobatan untuk meredakan gejala psoriasis kuku hingga sekecil mungkin. Berikut ini contoh pengobatan oleh dokter tentang psoriasis kuku, meliputi :

• Pemberian obat topikal langsung pada kuku pasien.

Pengobatan untuk Gejala-gejala dan penyebab psoriasis kuku dengan obat topikal.

Pengobatan psoriasis dapat diberikan secara topical berupa cream dan salep yang bertujuan untuk meredakan gejala-gejala psoriasis kuku dan mencegah kerusakan yang lebih serius pada kuku.

• Fototerapi untuk psoriasis

Fototerapi dapat dilakukan untuk mengurangi gejala-gejala psoriasis. Metode pengobatan fototerapi untuk psoriasis yaitu menggunakan sinar ultraviolet UVA dan UVB di dalam ruangan fototerapi.

• Prosedur pengangkatan kuku

Prosedur pengangkatan kuku dapat dilakukan bila kondisi kuku sudah parah dan menyebabkan rasa sakit atau berpotensi menjadi komplikasi.

• Pengobatan dengan obat suntik kortikosteroid

Pengobatan Gejala-gejala dan penyebab psoriasis kuku dengan obat kortikosteroid

Pengobatan dengan suntik kortikosteroid dapat mengurangi gejala-gejala psoriasis kuku. Pada umumnya, Jenis pengobatan ini dilakukan oleh dokter dan menggabungkan dengan pengobatan topical.

• Obat pereda rasa sakit apabila gejala psoriasis kuku menyebabkan rasa sakit

Dokter akan meresepkan obat pereda rasa sakit untuk mengurangi dampak dari gejala psoriasis kuku.

Pencegahan psoriasis kuku

Pencegahan dan pengobatan / perawatan Gejala-gejala dan penyebab psoriasis kuku

Pada umumnya, Psoriasis kuku terjadi pada pasien psoriasis kulit. Gejala psoriasis terjadi karena sistem imunitas menyerang tubuh itu sendiri dengan proses imunitas yang berulang-ulang. Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan perawatan pada kuku untuk menghindari gejala psoriasis kuku. Berikut ini beberapa Pencegahan psoriasis kuku, meliputi :

• Mencegah stress atau depresi

Stress merupakan salah satu penyebab utama terjadinya psoriasis dan memperburuk kondisi psoriasis. Hormon stress merespon sistem imunitas tubuh untuk menimbulkan gejala psoriasis. Kondisi Stress terjadi karena perubahan kimia di dalam tubuh, perubahan hormon ini dapat mempengaruhi kondisi tubuh seseorang.

• Meningkatkan asupan vitamin D

Pengobatan dan pencegahan Gejala-gejala psoriasis kuku dengan vitamin D

Vitamin D dapat menurunkan resiko penyebab psoriasis dan menurunkan gejala psoriasis. Kekurangan asupan vitamin D dapat mempengaruhi sistem imunitas tubuh hingga memicu gejala psoriasis. Vitamin D dapat merangsang tubuh untuk meningkatkan fungsi imunitas tubuh dengan mengurangi faktor resiko psoriasis. Vitamin D bisa diperoleh dari makanan yang tinggi vitamin D dan berjemur di bawah sinar matahari untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami.

• Menggunakan pelembap kuku

Mengguanakan pelembap kuku dapat mencegah kekeringan pada kuku dan kulit sekitar kuku. Hal ini dapat menurunkan resiko psoriasis kuku.

• Mencegah jamur kuku

Kuku yang bermasalah dapat merusak kondisi kuku. Jamur kuku dapat merusak kondisi kuku seperti perubahan warna kuku hingga kualitas kuku. Jika kondisi parah, jamur kuku bisa merusak kuku hingga terjadi Kecacatan pada kuku. Hal ini dapat meningkatkan resiko terkena psoriasis kuku.

• Menggunakan sepatu yang cocok pada kaki

Sepatu yang tidak cocok di kaki dan terlalu sempit dapat merusak bentuk kuku, menimbulkan jamur kuku, hingga memicu penyakit lainnya pada kuku.

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit tubuh, kulit kepala, dan juga kuku. Kondisi dari gejala psoriaisis harus membutuhkan pengobatan medis dari dokter. Jika memiliki gejala psoriasis, segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Please follow and like us: