pembedahan cabut gigi geraham bungsu impaksi gigi

Apakah pembedahan pengangkatan gigi bungsu aman ?

Gigi dan Gusi Kesehatan Mulut

Prosedur pembedahan gigi bungsu dapat dilakukan oleh dokter bedah mulut untuk mengangkat gigi bungsu yang mengalami impaksi gigi bungsu. Prosedur pembedahan memang memberikan indikasi menghilangkan gejala impaksi gigi geraham ketiga yang dapat menyebabkan komplikasi pada kesehatan gigi dan gusi.

Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang muncul di usia dewasa. Gigi bungsu yang tumbuh dapat menyebabkan rasa sakit ketika gigi bungsu berusaha menembus gusi untuk keluar. Rasa sakit akan terus berkembang hingga gigi bungsu muncul. Biasanya pada manusia modern, gigi bungsu tumbuh secara tidak normal dikarenakan ruang gusi dan rahang terlalu sempit. Gigi bungsu yang tumbuh tidak normal menimbulkan impaksi gigi. Gejala impaksi gigi bungsu biasanya terjadi ketika gigi bungsu mendorong gigi graham lain atau akar gigi geraham lain hingga menyebabkan rasa sakit.

Mengapa gigi bungsu tumbuh dan sakit ?

Gigi bungsu muncul pada usia 18-24 tahun. Gigi bungsu dapat tumbuh dengan posisi yang berbeda. Kelainan posisi tumbuh gigi bungsu inilah yang menyebabkan rasa sakit yang disebabkan impaksi gigi bungsu. Pertumbuhan gigi bungsu yang mengalami impaksi gigi dikarenakan rahang terlalu sempit. Sehingga gigi bungsu yang mengalami erupsi tidak sempurna hingga menyebabkan gusi terasa sakit. Pembengkakan Gusi dapat disebabkan dari erupsi gigi yang tidak sempurna.

gigi geraham / gigi bungsu terasa sakit karena impaksi gigi

Perbedaan bentuk rahang inilah yang menyebabkan gejala gigi bungsu tidak tumbuh secara normal hingga menyebabkan impaksi gigi. Kasus yang sama, gigi bungsu Terhalang oleh gigi geraham molar ke-2 hingga gigi bungsu (geraham molar ke-3) tidak memiliki ruang yang cukup hingga menyebabkan komplikasi pericorontitis dan abses gigi. Berikut gejala-gejala yang ditimbulkan ketika gigi bungsu telah tumbuh hingga menyebabkan rasa sakit, meliputi :

  • Gusi bengkak
  • Gusi menjadi lunak
  • Nyeri pada gusi dan rahang
  • Gigi muncul tidak sempurna
  • Sakit Gigi dan ngilu
  • Gusi berdarah

Rasa sakit dan rasa kaku pada rahang disebabkan karena posisi gigi bungsu miring ke arah gigi di sebelahnya. Impaksi gigi bungsu dengan posisi gigi horizontal dapat menyebabkan pembengkakan gusi dan rasa sakit di akar gigi geraham molar ke-2. Hal itu terjadi ketika gigi bungsu tidak mampu menembus gusi dengan sempurna dan hanya muncul separuh gigi bungsu saja atau tidak sama sekali.

Kasus impaksi gigi bungsu, gigi bungsu dapat tertanam diantara dalam gusi dan tulang rahang. Gigi bungsu yang tidak diangkat dapat menyebabkan peradangan gusi dengan waktu yang cukup lama dan menyebabkan kerusakan gigi akibat tekanan gigi. Impaksi gigi bungsu harus dilakukan jika dapat menyebabkan infeksi di sekitar gusi hingga merusak gigi. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi gusi lainnya seperti perikorontitis dan abses.

Bagaimana proses pembedahan dan pengangkatan gigi bungsu ? Apakah aman ?

Dokter gigi dan dokter bedah mulut biasanya merekomendasikan untuk mencabut gigi bungsu bila terjadi gejala kambuh di lain waktu dan mencegah komplikasi lainnya. Prosedur pembedahan memang memberikan indikasi menghilangkan gejala impaksi gigi geraham ketiga yang dapat menyebabkan komplikasi pada kesehatan gigi dan gusi.

Prosedur pembedahan gigi bungsu dapat dilakukan oleh dokter bedah mulut untuk mengangkat gigi bungsu yang mengalami impaksi gigi bungsu.

Prosedur pembedahan gigi bungsu dapat dilakukan oleh dokter bedah mulut untuk mengangkat gigi bungsu yang mengalami impaksi gigi bungsu. Namun efek samping yang ditimbulkan setelah operasi bisa lebih beresiko, rasa sakit yang luar biasa dan pembengkakan rahang. Rasa sakit pada gigi bungsu dipengaruhi oleh susunan gigi yang menggesek enamel gigi graham disampingnya.

Rasa sakit saat gigi bungsu yang telah tumbuh dapat ditangani dengan obat pereda rasa sakit dan anti inflamasi. Sebelum prosedur pencabutan gigi, pasien diharuskan untuk melakukan rontgen untuk mengetahui susunan gigi. Setelah melakukan scanning rontgen, dokter akan memberikan bius lokal ke area jaringan gusi dan sekitarnya untuk menghilangkan rasa sakit dan pendarahan.

Setalah itu prosedur pembedahan dan pengangkatan gigi bungsu dapat dilakukan. Prosedur ini tergolong aman ketika gigi bungsu tidak memiliki gejala rasa sakit. Setelah pembedahan biasanya dokter memberikan antibiotik untuk mencegah infeksi, anti inflamasi, dan pereda rasa sakit. Pemulihan setelah pengangkatan gigi bungsu berlangsung 1-2 minggu.

Please follow and like us: