Faktor penyebab dan gejala dari jenis Kanker kulit

8 Faktor penyebab dan gejala dari jenis Kanker kulit

kanker Kulit Penyakit

Kanker kulit adalah sel kanker yang tumbuh pada jaringan kulit. Penyebab kanker kulit yaitu sel-sel pada jaringan kulit telah bermutasi menjadi sel-sel kanker dengan pertumbuhan yang abnormal dan agresif dalam penyebarannya. Sumber penyebab kanker kulit biasanya dari sinar UV matahari. Berjemur terlalu lama dibawah Sinar UV dapat merusak dan mengubah sel pada jaringan kulit menjadi abnormal hingga menimbulkan kanker kulit.

Sel kanker pada jaringan kulit ini melakukan mutasi genetik secara berulang-ulang untuk memperbanyak jumlah sel kanker di kulit. Perubahan pada jaringan kulit mengakibatkan munculnya bercak, flek, benjolan dengan bentuk ukuran yang tidak normal.

kanker kulit dapat diidentifikasi berdasarkan tingkat keparahan / stadium kanker kulit, meliputi :

• Kanker kulit Stadium 0

Pada stadium ini, Sel-sel kanker masih berada di tempat asalnya dengan non gejala pada kulit. Sel kanker belum menyebar ke lapisan epidermis bagian luar.

• Kanker kulit Stadium 1

Pada stadium 1, Kanker telah menyebar ke bagian dermis kulit. Pada stadium ini mulai menampakan gejala ukuran kanker kurang dari 2,5 cm.

• Kanker kulit Stadium 2

Pada stadium 2, Perkembangan kanker belum menyebar ke jaringan-jaringan lain. Ukuran kanker dapat tumbuh sekitar 2-3 cm.

• Kanker kulit Stadium 3

Pada stadium 3, perkembangan kanker telah mencapai jaringan-jaringan lain di sekitarya dan ukuran kanker lebih besar dari stadium sebelumnya.

• Kanker kulit Stadium 4

Pada stadium 4, Perkembangan dan penyebaran Kanker telah mencapai jaringan lain dan kelenjar getah bening. Ukuran kanker bisa lebih dari 4 cm.

Gejala-gejala dari jenis Kanker Kulit

Gejala-gejala kanker kulit biasanya terdapat benjolan seperti jerawat yang tidak hilang-hilang. Atau gejala lain bisa timbul berdasarkan jenis-jenis kanker kulit tersebut. Gejala-gejala tersebut mayoritas disebabkan sinar matahari berlebih yang membakar kulit bagian luar / dermis. Gejala kanker kulit dapat tumbuh pada area wajah, leher, tangan, hidung, telinga, kulit kepala, dahi, kaki, jari tangan atau jari kaki, dan area kulit lainnya yang sering terpapar sinar matahari berlebih.

Gejala dari jenis-jenis Kanker kulit

Ada beberapa jenis kanker kulit dengan gejala-gejala yang berbeda, meliputi :

• Kanker Karsinoma sel basal

Kanker ini memiliki gejala fisik seperti kulit kemerahan dan bersisik, namun juga ada yang berwarna coklat gelap / hitam seperti flek, atau berwarna pink.

Pertumbuhannya biasanya lambat dan belum menyebar ke jarigan lain. Gejala-gejala akan muncul di dareah leher, telinga hingga ke wajah. Terdapat kasus gejala lain dari jenis kanker ini seperti benjolan dengan luka yang tidak sembuh-sembuh dan memiliki area berkerak di sekitar luka.

• Kanker Actinic Keratosis

Gejala-gejala kanker kulit jenis ini biasanya muncul di area wajah, telinga, bibir, telinga, tangan, lengan, dan leher. Gejalanya berupa seperti flek berwarna merah terang atau gelap dengan tekstur kulit yang kasar. Kanker jenis Ini memiliki gejala-gejala yang gatal dan perih dengan ukuran kanker yang bervariasi.

• Kanker Karsinoma sel skuamosa

Pada jenis ini, Gejala kanker Karsinoma sel skuamosa biasanya akan muncul benjolan merah seperti kutil / bisul dengan waktu yang lama. Pertumbuhannya di daerah lapisan kulit bagian dalam dan dapat menyebar ke daerah kulit yang lain.

• Kanker kulit melanoma

melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit langka yang dapat muncul ketika sel penghasil pigmen warna kulit (melanosit) telah tumbuh secara abnormal dan ganas hingga menjadi sel kanker.

• Karsinoma sel merkel

Kanker karsinoma sel merkel adalah kanker kulit yang berukuran kecil yang dapat muncul di bagian yang dalam pada lapisan kulit epidermis, bagian tengan pada lapisan epidermis. Kanker karsinoma sel merkel biasanaya muncul gejala-gejala seperti benjolan mengkilap di permukaan kulit, dan juga muncul seperti flek berwarna gelap.

Penyebab Kanker Kulit

Penyebab kanker kulit yaitu sel-sel kulit telah bermutasi genetik menjadi sel-sel kanker dengan pertumbuhan yang abnormal dan agresif dalam penyebarannya. Penyebab perubahan genetik pada sel kulit menjadi sel kanker dapat terjadi karena faktor kebiasaan berjemur di bawah sinar matahari terlalu lama dan membuat kulit menjadi terbakar.

Penyebab dan gejala dari jenis Kanker kulit

Penyebab kanker kulit secara umum disebabkan dari Sinar ultraviolet matahari yang dapat merusak sel-sel pada jaringan kulit sebagai penyebab kanker. Hal ini juga penyebab / pemicu pertumbuhan sel-sel secara abnormal pada jaringan kulit.

Faktor penyebab Kanker kulit

Ada beberapa faktor resiko penyebab kanker kulit, meliputi :

• Paparan sinar matahari

Sering terkena sinar matahari secara langsung dengan jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kanker kulit. Terbakarnya kulit akibat panasnya sinar matahari dapat memicu sel-sel kulit yang sehat menjadi rusak dan menjadi kanker.

Paparan sinar matahari juga dapat merusak kulit yang menyebabkan bercak-bercak di kulit wajah, tangan, kaki, lengan, ataupun hidung sebagai kondisi solar keratosis yang meningkatkan resiko penyebab kanker kulit.

• Riwayat Genetik keluarga

Faktor resiko penyebab kanker kulit bisa didapat dari riwayat genetik keluarga yang pernah terkena kanker kulit. Faktor genetik juga akan meningkat jika memiliki anggota keluarga dengan riwayat kanker kulit.

• Riwayat terkena kanker kulit

Kanker kulit dapat muncul kembali setelah masa sembuh. Sehingga, Seseorang yang pernah menderita kanker kulit dapat muncul kembali atau yang disebut dengan kanker yang kambuh.

• Paparan radiasi

Paparan radiasi tinggi dapat menyebabkan kanker kulit. Lingkungan kerja di daerah reaktor nuklir atau sering terkena radiasi tinggi dari alat kedokteran seperti radioterapi dapat meningkatkan resiko penyebab kanker kulit sel basal.

• Warna kulit

Peningkatan penyebab / resiko terserang Kanker kulit dapat terjadi pada orang berkulit putih. Itu karena mereka memiliki jumlah melanin yang lebih sedikit untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

• Paparan zat kimia berbahaya

Kanker kulit dapat disebabkan / muncul ketika seseorang terlalu sering terkena paparan zat kimia berbahaya seperti, kosmetik palsu, zat kimia dalam rokok, air raksa, arsenik, dll.

• Benjolan / Tahi lalat

Penyebab kanker kulit berikutnya yaitu Benjolan berupa tahi lalat berukuran kecil atau besar, itu dapat meningatkan resiko terkena kanker kulit.

• Pasien HIV/AIDS

Penderita HIV/AIDS lebih mudah terserang barbagai penyakit, salah satunya yaitu kanker kulit. Itu karena tubuh penderita HIV/AIDS memiliki sistem imunitas yang lemah terhadap penyakit bakteri dan virus, ataupun kanker.

Pengobatan Kanker Kulit

Sebelum pengobatan biasanya dilakukan pemeriksaan kelainan kulit pada pasien. Ini bertujuan untuk melihat gejala-gejala kanker kulit secara pasti dengan pengobatan yang tepat. Kelainan kulit bisa terjadi berupa luka di kulit yang sulit sembuh tanpa sebab atau kulit terbakar disebabkan paparan sinar matahari berlebih, dan Pembengkakan pada benjolan kulit dan tahi lalat.

Pengobatan untuk penyebab dan gejala dari jenis Kanker kulit

Perlu diingat, bahwa pengobatan dapat dilakukan berdasarkan tingkat keparahan atau stadium. Ada beberapa jenis pengobatan untuk gejala-gejala kanker kulit, meliputi :

• Pengobatan dengan Krioterapi

Metode pengobatan dengan Krioterapi dapat mengurangi gejala kanker kulit dan menghancurkan sel kanker. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan cairan nitrogen yang bersuhu sangat dingin untuk membekukan dan menghancurkan sel kanker pada tingkat keparahan yang ringan (stadium awal).

• Pengobatan dengan Obat Lotion / krim

Metode pengobatan dengan krim lotion dapat memperingan gejala dan mengobati kanker kulit yang menyerang lapisan kulit luar.

• Prosedur Pembedahan

Prosedur Pembedahan dapat digunakan untuk mengangkat kanker yang telah membesar yang terletak di bawah kulit maupun di permukaan kulit. Pembedahan dilakukan bila kanker berpotensi menyebar ke jaringan kulit yang lain.

• Pengobatan dengan Kemoterapi

Pengobatan dengan metode Kemoterapi diakukan untuk menghancurkan sel kanker yang berada pada jaringan kulit atau di bagian tubuh yang lainnya. Pengobatan kanker kulit dengan kemoterapi diberikan dalam bentuk obat suntik ataupun obat oral.

• Pengobatan dengan prosedur Kuretase

Metode pengobatan kanker kulit dengan prosedur kuretase yaitu suatu prosedur untuk menghancurkan sel-sel kanker pada kulit dengan mengangkat jaringan kulit yang terinfeksi kanker. Setelah diangkat, jaringan kulit yang ada di tubuh dapat dihancurkan dengan jarum yang dialiri listrik untuk menghancurkan sisa-sisa sel kanker yang menempel pada jaringan kulit normal.

• Pengobatan dengan metode Radioterapi

Pengobatan dengan radioterapi dapat menghancurkan sel kanker dan mengurangi gejala kanker kulit. Radioterapi akan memancarkan gelombang radiasi tinggi untuk mencegah pertumbuhan kanker dan penyebaran kanker.

Please follow and like us: