Penyebab dari gejala-gejala Psoriasis arthritis dan jenis-jenisnya

7 Gejala-gejala Psoriasis arthritis dan jenis-jenisnya

Autoimun Kesehatan Kulit Penyakit Sendi dan Tulang

Psoriasis adalah penyakit kulit dengan peradangan yang terjadi akibat sistem imunitas tubuh bekerja secara berlebihan dan otomatis sehingga dapat merugikan / menyerang tubuh itu sendiri. Ada jenis yang memberikan efek kondisi peradangan pada sendi, yaitu psoriasis arthritis. Psoriasis arthritis adalah suatu kondisi dengan gejala peradangan sendi yang menyerang penderita psoriasis.

Sebagian besar para penderita psoriasis kulit memiliki psoriasis arthritis. Penyakit ini terjadi akibat reaksi autoimun pada tubuh dan memberikan dampak negatif pada tubuh. Sendi-sendi tubuh yang meradang dapat menyebabkan sakit dan ngilu, sehingga sangat mengganggu aktifitas sehari-hari.

gejala-gejala Psoriasis arthritis pada sendi.

Dengan beberapa faktor yang menyebabkan terkena psoriasis arthritis yaitu pernah memiliki riwayat penyakit sendi dan penyakit autoimun. Sehingga faktor genetik dan imunitas tubuh yang bekerja secara berlebihan / otomatis sangat berperan meningkatkan resiko terkena psoriasis arthritis.

Jenis arthritis psoriatis

Psoriasis arthritis adalah penyakit kelainan autoimun pada tubuh yang menyerang sendi-sendi tubuh yang menyebabkan peradangan, sakit, ngilu, pembengkakan pada sendi, dan kecacatan sendi seperti perubahan susunan tulang dan bengkok pada jari. Ada beberapa jenis psoriasis arthritis berdasarkan sifat dan gejala karakteristiknya, meliputi :

• Spondilitis

Psoriasis arthritis jenis spondilitis dapat menyebabkan rematik dan spondilitis dapat menyerang jaringan ikat ligamen-ligamen pada tubuh. Jenis itu dapat menyebabkan peradangan sendi tulang belakang, peradangan leher, peradangan sendi panggul, menyebabkan kaku pada leher, tulang punggung, tulang panggul yang menyebabkan sulit beraktifitas.

• Simetris psoriasis arthritis

Gejala umum pada Simetris psoriasis arthritis dapat menyerupai peradangan sendi jenis rheumatoid arthritis. Simetris psoriasis arthritis merupakan jenis psoriasis arthritis yang dapat menyebabkan kelumpuhan, merusak fungsi sendi tubuh. Itu dapat mempengaruhi sendi sisi berlawanan.

• Asimetris psoriasis arthritis

Asimetris psoriasis arthritis merupakan jenis psoriasis arthritis dengan gejala nyeri sendi dan kaku pada sendi pinggul, sendi jari, dan sendi lutut.

• Interphalangeal Distal Dominan Psoriasis

Interphalangeal Distal dominan psoriasis dapat menyebabkan kerusakan pada tulang rawan dan sendi manusia yang terletak di jari tangan atau sendi jari kaki.

• Mutilans Rematik

Mutilan rematik merupakan jenis psoriatis arthritis yang menyebabkan sendi-sendi kecil mengalami gangguan dengan kerusakan fungsi sendi. Mutilan rematik dapat menyebabkan sendi tidak berfungsi secara normal dan mempengaruhi aktifitas pergerakan tulang.

Gejala-gejala Psoriasis Arthritis

Penyebab dari gejala-gejala Psoriasis arthritis dan jenis.

Bagaimana gejala-gejala psoriasis arthritis ? Gejala-gejala psoriasis arthritis dapat memburuk kondisi sendi, mengganggu aktifitas, dan dapat berkembang menjadi lebih parah seiring waktu. Gejala psoriasis arthritis dapat dilihat berdasarkan tingkat keparahannya, oleh sebab itu gejala dapat muncul berbeda-beda pada setiap orang. Berikut ini beberapa gejala psoriasis arthritis meliputi :

• Masalah sendi-sendi tubuh

Psoriasis arthritis dapat menyebabkan nyeri sendi, panas pada persendian tangan atau kaki, dan kaku pada sendi. Rasa sakit pada persendian dapat menyerang beberapa sendi secara terpisah maupun bersamaan. Gejala dapat dirasakan pada setiap persendian tubuh seperti jari kaki, jari tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki, pinggang, punggung, tumit, dan leher.

Gejala-gejala pada bagian tubuh tersebut dapat memburuk dengan berbagai masalah yang mempengaruhi kondisi seperti terlalu lama duduk atau terlalu lama berdiam dalam posisi tertentu yang membuat sendi-sendi tubuh menjadi kaku dan terkadang nyeri saat digerakan.

• Pembengkakan ringan hingga serius pada jari-jari tangan dan kaki

Pembengkakan pada jari dan nyeri sendi merupakan gejala utama psoriasis arthritis. Psoriasis arthritis dapat menyerang hampir 37-53 % penderita psoriasis kulit. Pembengkakan pada jari-jari tangan dan kaki disebabkan oleh peradangan pada sendi-sendi jari. Pembengkakan ringan bisa dilihat hanya ada pembengkakan di beberapa ruas jari, dan pembengkakan serius bisa dilihat pada pembengkakan di seluruh jari dan mengalami perubahan bentuk atau posisi tulang jari.

• Kekeringan pada kulit tubuh

Psoriasis terjadi karena sistem imunitas tubuh bekerja secara otomatis yang dapat menyerang tubuh itu sendiri. Psoriasis arthritis merupakan jenis penakit autoimun yang menyerang persendian penderita psoriasis. Sehingga pasien akan lebih mudah terkena psoriasis arthritis karena sistem imunitas tubuh yang mendukung untuk perkembangan psoriasis arthritis. Sehingga kulit kering pada penderita psoriasis arthritis merupakan hal yang wajar.

• Kerusakan kuku dan persendian jari kaki dan tangan

Pada kondisi parah, Psoriasis arthritis dapat menyebabkan kerusakan pada kuku dan jari tangan atau jari kaki. Kerusakan pada kuku memiliki karakteristik seperti perubahan warna kuku, kuku yang longgar, kuku mudah rapuh dan terlepas.

• Kecacatan susunan postur tulang

Psoriasis arthritis dapat menyebabkan kecacatan pada posisi/postur susunan tulang. Kecacatan bisa berupa jari-jari kaki atau tangan yang bengkok dikarenakan telah terjadi pengikisan sendi/peradangan pada sendi-sendi yang menghubungkan antar tulang-tulang. Kerusakan hingga mengalami kecacatan dapat terjadi pada sendi-sendi tubuh lainnya seperti sendi tulang punggung, sendi tulang leher, sendi pergelangan tangan atau sendi pergelangan kaki, dll.

• Rasa sakit hanya terfokus pada bagian tubuh tertentu

Rasa sakit pada sendi-sendi tulang yang terfokus, bisa dirasakan penderita psoriasis arthritis. Rasa sakit hanya bagian sendi tubuh tertentu, tetapi tidak pada yang lain.

• Mudah lelah dan sulit beraktifitas

Psoriasis arthritis dapat menyebabkan kelelahan akibat rasa sakit pada sendi-sendi tubuhnya. Rasa sakit yang berlebihan dapat mempengaruhi psikologi seseorang yang menyebabkan stress/depresi.
Rasa sakit akibat peradangan sendi psoriasis arthritis juga mengganggu aktifitas seseorang seperti bergerak dan beristirahat. Ini dapat membuat pasien tersiksa dan menghabiskan banyak energi yang mengakibatkan kelelahan secara fisik maupun psikologi.

Penyebab Psoriasis Arthritis

Psoriasis arthritis adalah penyakit imunitas tubuh dengan peradangan sendi yang terjadi akibat sistem imunitas tubuh bekerja secara otomatis dan berlebihan sehingga dapat menyerang tubuh itu sendiri. Penyebab psoriasis arthritis dapat muncul berdasarkan faktor-faktor resiko. Faktor peningkat resiko penyebab psoriasis arthritis, meliputi :

• Kelainan sistem imunitas tubuh

Faktor utama penyebab psoriasis arthritis yaitu kelainan pada sistem imunitas tubuh. Perlu diingat, bahwa psoriasis arthritis terjadi karena sistem imunitas tubuh bekerja secara otomatis, berulang-ulang, dan berlebihan sehingga dapat menyerang tubuh itu sendiri.

• Menderita psoriasis

Hampir sebagian pasien psoriasis arthritis juga memiliki riwayat psoriasis. itu dikarenakan kelainan imunitas yang bekerja secara otomatis dan aktif secara abnormal yang mengakibatkan kerugian pada tubuh itu sendiri.

• Faktor Usia

Ketika memasuki usia 40 tahun keatas atau lanjut usia maka akan memperbesar resiko terkena psoriasis artritis. Itu karena masalah perubahan imunitas tubuh seseorang pada saat memasuki usia tua. Sebenarnya, psoriasis arthritis dapat muncul pada usai muda seperti usia anak-anak tetapi peluangnya lebih kecil dibanding orang dewasa tua.

• Faktor genetik dari keluarga

Psoriasis arthritis dapat muncul dikarenakan faktor genetik. Faktor genetik yang terjadi akibat riwayat psoriasis yang dibawa orang tua kepada anak-anaknya atau keluarganya. Riwayat keluarga dapat menentukan peluang peningkatan resiko terkena psoriasis arthritis.

Pengobatan Psoriasis Arthritis

Pengobatan medis hanya dapat dilakukan oleh dokter. Sebelum memastikan bahwa anda pasien psoriasis arthritis, biasanya dokter akan melakukan pengecekan gejala, diagnosa atau screening psoriasis arthritis secara akurat melalui beberapa tahapan seperti Rontgen, MRI, Pemeriksaan sendi, pengambilan sampel kadar asam urat melalui tes darah, tes imunitas tubuh pasien, dan biopsi sampel kulit untuk mengetahui pasien yang memiliki penyakit psoriasis.

Pemeriksaan-pemeriksaan medis tersebut biasanya untuk mengetahui gejala yang muncul dan sebagai pembeda antara gejala psoriasis arthritis dan rheumatoid arthritis yang memiliki gejala yang mirip.

Pengobatan untuk penyebab dan gejala-gejala Psoriasis arthritis

Bagaimana cara mengobati psoriasis arthritis ? Ada beberapa pengobatan psoriasis arthritis bertujuan untuk mengurangi peradangan akibat sistem imunitas tubuh atau karena terkena psoriasis, meredakan gejala pembengkakan pada sendi-sendi tubuh, mengurangi rasa sakit pada sendi, dan pencegahan kecacatan karena psoriasis arthritis tingkat parah. Ada beberapa jenis metode pengobatan untuk meredakan gejala psoriasis arthritis, meliputi :

• Kortikosteroid

Obat-obatan dari golongan kortikosteroid dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada sendi yang disebabkan psoriasis arthritis. Pemberian obat kortikosteroid dapat dilakukan dengan prosedur suntik ke dalam sendi. Contoh obat dari golongan kortikosteroid untuk meredakan peradangan psoriasis arthritis yaitu dexamethasonee.

• Obat anti peradangan dan anti inflamasi golongan nonsteroid

Obat psoriasis arthritis untuk mengurangi peradangan/inflamasi dari golongan non-steroid yaitu ibuprofen .

• Obat pembengkakan sendi dan pereda rasa sakit.

Obat psoriasis arthritis dengan cara kerja menghambat/memblokir alphaTNF untuk mengurangi pembengkakan pada sendi yang bermasalah.

• Obat penghambat autoimun

Psoriasis arthritis merupakan penyakit autoimun yang menyerang sendi-sendi tubuh manusia. Obat penghambat proses autoimun dapat mengurangi gejala psoriasis arthritis. Contoh obat penghambat autoimun/ imunosupresif yaitu azathioprine.

• Obat Anti rematik

Obat anti rematik dapat digunakan untuk mengurangi gejala psoriasis arthritis dengan mencegah dan memperlambat kerusakan / kecacatan permanen pada sendi-sendi tubuh akibat psoriasis arthritis.

• Pembedahan sendi

Pembedahan sendi merupakan metode terakhir apabila sendi-sendi tubuh sudah rusak parah, sangat mengganggu aktifitas, dan menimbulkan perubahan susunan tulang berupa bengkok atau kecacatan. Pada masa pembedahan sendi tubuh rang rusak akibat psoriasis arthritis maka akan dilakukan pergantian sendi buatan yang berbahan logam ringan.

Pencegahan Psoriasis Arthritis

Apakah psoriasis arthritis dapat dicegah ? Sebenarnya, penyakit autoimun ini dapat dicegah dengan mengurangi pemicu / resiko terkena psoriasis arthritis. Perlu diingat, bahwa penyakit ini merupakan penyakit autoimun yang bekerja secara otomatis / berulang ulang dengan reaksi yang berlebihan yang menyebabkan kerugian pada tubuh.

Dengan kata lain, psoriasis arthritis dapat datang secara tiba-tiba bila terdapat dukungan faktor genetik keluarga dan terdapat kelainan sistem imunitas tubuh anda. Berikut ini merupakan pencegahan psoriasis arthritis untuk mengurangi gejala dan resiko pemicunya, meliputi :

• Pengobatan untuk psoriasis

Hampir seluruh penderita psoriasis parah memiliki psoriasis arthritis. Ini merupakan penyakit autoimun pada tubuh yang menyebabkan sendi-sendi tubuh yang meradang. Pengobatan untuk psoriasis dapat mengurangi gejala agar tidak menjadi parah, dan itu dapat mencegah terjadinya psoriasis arthritis.

• Melakukan screening pada sendi

Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan screening pada sendi untuk mengetahui gejala dan tanda-tanda yang meningkatkan resiko / memicu psoriasis arthritis. Penyakit autoimun ini dapat muncul karena genetik keluarga, kelainan sistem imunitas tubuh, terkena psoriasis di kulit, dan faktor usia. Oleh sebab itu, pemeriksaan / screening psoriasis arthritis dapat dilakukan sebelum gejala muncul setiap 10-12 bulan sekali.

• Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan fungsi sendi menjadi lentur, mencegah kaku pada sendi, dan meningkatkan metabolisme tubuh terhadap penyakit.

Please follow and like us: