penyebab dan gejala leukemia berdasarkan faktor resiko dan pengobatan leukemia

4 Faktor penyebab dari gejala-gejala jenis Leukemia, dan pilihan pengobatannya

kanker Kesehatan

Pernahkah anda mendengar kata leukemia ?

Leukemia atau kanker darah yaitu kondisi ketika sel kanker menyerang sel-sel darah putih. Dalam sumsum tulang, sel darah putih diprodusi untuk melawan infeksi. Pada penderita leukemia, sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal dan berlebihan. Jumlah sel darah putih yang berlebihan akan menyerang sel darah merah dan terjadinya penumpukan dalam sumsum tulang. Ini menyebabkan sel-sel darah yang sehat akan berkurang secara drastis. Pada kondisi kronis, sel abnormal tersebut dapat menyebar ke organ-organ vital seperti paru-paru, hati, ginjal, otak, dan menyebar ke tulang belakang.

Faktor penyebab leukemia

Penyebab dasar kanker darah / leukemia terjadi karena mutasi DNA dalam sel darah putih yang menyebebakan pertumbuhan secara abnormal. faktor genetik, iklim dan lingkungan juga diperkirakan turut berperan memicu leukemia. Faktor penyebabnya yaitu :

• Memiliki riwayat dengan pengobatan kanker.

Kemoterapi tertentu dapat memicu kanker darah. Pengobatan kemoterapi pada kanker jenis lain yang menjangkit sumsum tulang belakang.

• Faktor keturunan atau genetika.

Gangguan genetika meningkatkan risiko mengalami leukemia. Riwayat keluarga pengidap leukemia juga dapat mengalami penyakit yang sama.

• Pernah terpapar radiasi tinggi.

Memiliki pengalaman bekerja di bidang radio telekomunikasi dan bekerja di reactor nuklir.

• Merokok.

Rokok akan meningkatkan risiko kanker darah dengan zat-zat kimia di dalamnya.

Gejala Kanker Darah / Leukemia

Kanker darah berkembang karena produktivitas sel darah putih yang abnormal. Pertumbuhan yang sangat cepat ini menyebar melalui aliran darah lalu menyerang sel darah merah yang akan menyebabkan berkurangnya supply oksigen. Dan jika dibiarkan, tubuh akan mengalami penurunan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Kecepatan pertumbuhan kanker darah biasanya diklasifikasikan menjadi leukemia akut dan kronis.

penyebab dan gejala leukemia berdasarkan faktor resiko, cara pengobatan dan pencegahan

kanker darah kronis berkembang secara perlahan-lahan. Ini biasanya membutuhkan waktu jangka panjang. Sel-sel darah putih yang sudah mati akan menumpuk dalam aliran darah, organ-organ, dan sumsum tulang. Gejalanya sulit dirasakan secara khusus dan biasanya gejala awal seperti demam ringan saja, sehingga gejala signifikan akan dirasakan setelah bertahun-tahun.

Gejala-gejala leukemia seperti :

• flu
• Demam
• Selalu kelelahan
• Muntah
• Sakit kepala
• Selalu berkeringat
• Menggigil
• Sesak dada
• Penurunan berat badan
• Nyeri pada tulang atau sendi.
• Pembengkakan pada limfa dan hati.
• Memiliki luka memar pada tubuh tertentu
• Sering mimisan
• Memiliki bintik-bintik dan noda pada kulit
• Muncul infeksi yang parah

Jenis-jenis kanker darah (leukemia)

penyebab dan gejala leukemia berdasarkan faktor resiko, pengobatan dan penyebab leukemia

Chronic Lymphocytic Leukemia (CLL)

Kanker darah yang menyerang sel-sel limfa. Gejala CLL terdeteksi pada stadium lanjut karena pasien tidak merasakan gejala. Gejala CLL akan muncul pada penderita yang memiliki waktu yang lama. Jenis kanker darah ini hanya dialami oleh orang dewasa.

Acute Myelogenous Leukemia (AML)

Leukemia limfotik ini akan menyerang sel-sel myeloid. Kanker ini membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat berpotensi menyumbat pembuluh darah. Kanker darah ini dialami oleh orang dewasa.

Acute Lymphocytic Leukemia (ALL)

Kanker darah ini diidap oleh anak-anak dan bisa juga orang dewasa. Leukemia jenis ini dapat menghambat fungsi limfosit dan pengidapnya berpotensi mengalami infeksi serius.

Chronic Myelogenous Leukemia (CML)

Pada kondisi CML, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan-lahan. Lalu seiring dengan waktu, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga akan menurunkan kesehatan secara drastis. Kanker darah ini biasanya diderita oleh orang dewasa muda.

Pengobatan Leukemia

Ketika anda berkonsultasi dengan dokter, dokter akan menanyakan gejala-gejala yang anda alami dan memeriksa kondisi fisik Anda.
Tenaga medis akan mendiagnosis bahwa anda mengidap kanker darah, dan dokter akan menganjurkan pemeriksaan tes darah dan sumsum tulang.

penyebab dan gejala leukemia berdasarkan faktor resiko, pengobatan dan penyebab

Tenaga medis akan melakukan melakukan tes sumsum tulang belakang dengan menggunakan jarum tipis panjang untuk mengambil sampel jaringan sumsum tulang belakang Anda. Kemudian akan diperiksa dan diteliti di laboratorium untuk menunjukkan jenis kanker darah dan memerlukan pengobatan yang terbaik.

Penderita leukimia umumnya memiliki kadar sel darah putih yang abnormal, tenaga medis akan mencari kelainan dari jumlah sel darah putih.
Dokter akan mencari beberapa tanda-tanda leukemia seperti diatas yaitu pembengkakan limfonodi, hati dan limpa yang membesar.

Pengobatan yang dilakukan yaitu :

• Radioterapi

Radioterapi dapat dilakukan pada area tertentu yang terserang kanker atau pada seluruh tubuh. Pengobatan jenis ini menggunakan sinar X untuk menghancurkan dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Radioterapi dilakukan untuk persiapan melakukan transplantasi sel induk.

• Kemoterapi

Pengobatan kemoterapi ini biasanya menggunakan bahan-bahan kimia untuk membunuh sel-sel kanker darah. Kemoterapi efektif untuk memperlambat dan menghentikan penyebaran sel kanker.

• Transplantasi sel induk atau stem cell

Sel-sel induk berasal dari tubuh Anda sendiri atau tubuh orang lain sebagai pendonor. Ini bertujuan untuk mengganti sumsum tulang yang sudah rusak dengan yang sehat. Kemoterapi dan radioterapi biasanya dilakukan sebagai langkah persiapan sebelum menjalani prosedur transplantasi ini.

• Terapi biologis

Untuk membantu sistem kekebalan tubuh mengenali dan menyerang sel-sel kanker.

• Terapi terfokus

Bertujuan untuk menyerang bagian-bagian dalam sel-sel kanker.

Please follow and like us: