penyebab yang memperparah gejala psoriasis

10 penyebab yang memperparah gejala psoriasis

Autoimun Kesehatan Kulit Penyakit

Gejala psoriasis pada umumnya muncul serpihan kulit yang menebal dan mengeras seperti sisik. Gejala psoriasis pada Kulit normal akan terus meregenerasi secara berulang ulang dalam waktu beberapa hari saja walaupun sel kulit tidak mengalami kerusakan / masih sehat. Gejala psoriasis sebenarnya disebabkan karena faktor genetik dan faktor stress pemicu autoimun. Penyakit ini dapat berkembang menjadi tambah parah ketika seseorang sedang mengalami depresi berat.

Kulit yang normal memiliki lapisan paling luar/epidermis akan mudah meregenerasi ketika sel kulit luar telah mati atau mengalami kerusakan. Pada kasus psoriasis, regenerasi kulit berlangsung sangat cepat dan hanya berlangsung beberapa hari saja. Gejala yang ditimbulkan ini dapat menyebabkan gatal-gatal, kulit kering, ruam kulit dan penebalan karena penumpukan sel kulit mati pada kulit.

Gejala psoriasis bisa menjadi lebih parah, kronis hingga menyebar ke area bagian tubuh lain. Berikut ini beberapa tindakan dan faktor kebiasaan yang dapat memperparah kondisi psoriasis, meliputi :

• Jarang berjemur dibawah sinar matahari

Pasien psoriasis yang jarang terkena sinar matahari akan memperparah kondisi dengan peningkatan gejala. Sinar matahari dapat mengurangi gejala psoriasis. Sinar matahari dapat memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak vitamin D untuk yang sangat baik untuk penderita psoriasis.

penyebab yang memperparah gejala psoriasis yaitu jarang berjemur.

Sinar matahari UVA dan UVB dapat menyingkirkan dan mengurangi gejala psoriasis plak dan psoriasis di kulit kepala. Hal Itu karena psoriasis plak dan psoriasis di kepala dapat menyebabkan peradangan kulit ketika digaruk.

• Kekurangan vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat memperparah kondisi psoriasis. Munculnya gejala-gejala psoriasis dipengaruhi oleh imunitas tubuh yang secara otomatis menyerang tubuh (autoimun). Lebih banyak vitamin D di dalam tubuh dapat mencegah penyebab psoriasis datang lebih awal, mencegah kondisi yang parah, menurunkan gejala psoriasis secara berkala, dan membantu mengurangi radang pada tubuh.

penyebab yang memperparah gejala psoriasis yaitu kekurangan vitamin D

Vitamin D dapat meningkatkan fungsi imunitas tubuh dan mengurangi faktor resiko yang memperparah kondisi. Oleh sebab itu, vitamin D sangat berperan dalam memelihara imunitas tubuh. Vitamin D didapat dari makakan, contohnya seafood, telur, sayuran dan buah-buahan. Vitamin D juga bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, Berjemur di bawah sinar matahari (sinar UVA dan UVB) dapat membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D secara alami.

• Tubuh dalam kondisi Stres / depresi

penyebab yang memperparah gejala psoriasis yaitu stres depresi

Stres/depresi dapat memperparah kondisi psoriasis yang dapat merespon imunitas tubuh untuk meningkatkan gejala dan perluasan area psoriasis ke beberapa bagian tubuh lainnya. Untuk mencegah psoriasis berkembang menjadi lebih parah, pasien psoriasis harus menjaga tingkat stress pada tubuh. Kondisi tubuh yang Stress/depresi terjadi karena perubahan kadar hormon yang memicu perubahan kimia di dalam tubuh.

• Zat kimia / krim oles tertentu yang memperparah kondisi psoriasis

penyebab yang memperparah gejala psoriasis yaitu dari zat kimia berbahaya

Kondisi psoriasis dapat bertambah parah akibat terkena bahan kimia tertentu dan penyalahgunaan obat yang bersifat kontra indikasi. Contohnya, kosmetik yang tidak cocok di kulit psoriasis dan krim pijat yang bersifat hangat/panas dapat memperparah kondisi kulit. Pada jenis psoriasis tertentu akan mengakibatkan sensasi terbakar, ruam kulit, kemerahan di kulit , dan peradangan kulit.

• Kondisi lingkungan yang memperparah kondisi

Kondisi lingkungan yang dingin atau terlalu dingin juga dapat memperparah kondisi gejala psoriasis, dan meningkatkan resiko pemicu psoriasis muncul lebih awal. Oleh sebab itu, Lingkungan yang terlalu panas dan kering dapat menyebabkan peradangan kulit, kulit perih, kulit memerah, dan sensasi terbakar/panas pada kulit.

• Gemar meminum minuman beralkohol tinggi

penyebab yang memperparah gejala psoriasis yaitu sering mengonsumsi minuman beralkohol.

Gejala-gejala psoriasis dapat bertambah parah ketika pasien masih mengonsumsi minuman beralkohol. Minuman beralkohol memperparah gejala dari efek sampingnya seperti peradangan kulit, sensasi panas di kulit yang dapat meningkatkan gejala psoriasis. Minuman beralkohol dapat menurunkan metabolisme tubuh dan proses penyembuhan luka akibat psoriasis.

• Merokok.

Bagi pria, merokok meruakan hal yang umum. Tetapi kebiasaan tersebut ternyata dapat memperparah kondisi pasien psoriasis. Gejala-gejala lain muncul atau menjadi parah saat paparan zat-zat kimia berbahaya di dalam rokok masuk ke dalam tubuh pasien. Ini dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh maupun kulit, dan menurunkan proses penyembuhan luka pada psoriasis yang berpotensi terkena infeksi.

• Infeksi kulit

penyebab yang memperparah gejala psoriasis yaitu dari faktor infeksi kulit

Gejala-gejala psoriasis dapat menjadi parah ketika kondisi kulit telah terinfeksi. Hal ini dapat menurunkan kualitas hidup dan kesehatan pasien. Infeksi kulit dapat datang dari beberapa faktor seperti infeksi luka karena bakteri, dan racun dari gigitan serangga. Sehingga Infeksi kulit dapat meningkatkan gejala psoriasis menjadi parah berupa gatal-gatal, ruam kulit, peradangan kulit, dan rasa sakit di kulit.

• Masalah kulit dari faktor eksternal

Beberapa faktor eksternal contohnya seperti kulit yang terbakar sinar matahari, terkena bahan kimia, terkena gigitan serangga dapat memperparah kondisi psoriasis. Hal ini dapat menyebabkan ruam kulit, gatal-gatal dan masalah kulit lainnya.

• Alergi terhadap makanan tertentu

Alergi terhadap makanan tertentu dapat memperparah gejala psoriasis. Jika pasien memiliki riwayat alergi terhadap makanan tertentu yang memicu alergi kulit dan tetap memaksakan memakan makanan yang memicu alergi, maka gejala psoriasis akan semakin parah.

Pemulihan kondisi psoriasis

Bagaimana untuk memulihkan kondisi dari gejala psoriasis kronis ? Jika kondisi sudah terlanjur parah, sebaiknya diberikan pengobatan khusus sesuai resep dokter untuk meredakan gejala kronis. Berikut ini beberapa pengobatan untuk meringankan kondisi psoriasis yang telah parah, meliputi :

• Obat-obatan pereda gejala psoriasis

Pengobatan psoriasis dapat diberikan untuk meringankan gejala ringan hingga parah. Pemberian obat-obatan dapat diberikan secara oral, topical, ataupun suntik. Jenis pengobatan oral memberikan hasil efektif untuk meringankan kondisi psoriasis dengan cara memperlambat sistem imun agar tidak menimbulkan gejala yang lebih parah.
Pemberian obat-obatan oral untuk psoriasis dapat diberikan bersama dengan obat topikal dengan saran/konsultasi dari dokter. Pengobatan topical untuk psoriasis bertujuan untuk meredakan gejala seperti mengurangi peradangan, mengurangi rasa gatal, dan mengurangi kulit terkelupas atau bersisik.

Pengobatan untuk gejala psoriasis

Untuk jenis psoriasis kronis, pengobatan dapat dilakukan dengan cara suntikan untuk meringankan gejala psoriasis, mencegah autoimun penyebab psoriasis, dan memulihkan kondisi kulit. Pengobatan dengan metode suntikan juga dapat mencegah komplikasi dan gejala serius.

• Metode Fototerapi

Metode pengobatan psoriasis dapat dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet terdapat 2 jenis yaitu UVA dan UVB. Sinar UVB dapat digunakan untuk menyembuhkan luka akibat psoriasis dan memiliki tingkat keefektifan penyembuhan yang lebih tinggi dibandingkan UVA. UVA yang memiliki jarak tembus ke dalam kulit yang lebih pendek dari UVB. Sehingga, UVB lebih baik dan mampu menembus kulit lebih dalam daripada UVA.

obat-obatan topical atau oral dapat diberikan kepada pasien sebelum melakukan fototerapi. Hal ini untuk meningkatkan sensitivitas kulit dan memicu kulit agar lebih peka terhadap UVA untuk meningkatkan efektivitas pengobatan psoriasis dengan UVA. Pasien biasanya menggunakan sebuah ruangan seperti kotak cahaya yang dapat memancarkan sinar UVA dan UVB selama waktu tertentu dengan pengawasan dokter.

Fototerapi alami dapat dilakukan dengan menjemur di bawah sinar matahari selama 8-15 menit sehari untuk mengurangi gejala-gejala psoriasis dan mencegah kondisi parah. Sinar matahari memiliki UVA dan UVB untuk memicu tubuh untuk memproduksi vitamin D secara alami untuk mengurangi gejala dan proses pemulihan peradangan kulit.

Please follow and like us: